Selain ibadah haji, menginjakkan kaki di tanah suci untuk menunaikan ibadah umroh menjadi impian bagia setiap kaum muslimin. Jika mampu secara finansial maupun fisik, ibadah umroh bisa dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua sekalipun.

 

Disamping membutuhkan dana untuk biaya perjalanan, ada biaya lain yang harus Anda keluarkan ketika menjalankan ibadah umroh. Biaya tersebut untuk memenuhi kebutuhan Anda ketika di tanah suci, seperti biaya akomodasi selama menjalankan umroh dari awal sampai akhir. 

 

Karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka tidak semua orang mampu menjalankan ibadah umroh. Namun demikian ada tips yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menabung umroh atau bisa Anda coba cicilan umroh.

 

Tips Menabung untuk Umroh atau Nyicil Umroh

 

Menabung untuk umroh memang sedikit berbeda dengan cara menabung pada umumnya, karena butuh keseriusan supaya bisa berangkat umroh sesuai dengan target waktu yang telah Anda tentukan. Jika Anda tertarik untuk nabung atau nyicil biaya umroh, simak tips menabung untuk biaya ibadah umroh berikut ini.

 

1. Memiliki Target yang Jelas


Hal terpenting yang perlu Anda lakukan saat ingin menabung untuk biaya umroh adalah memiliki target yang jelas. Biasanya travel agen pemberangkatan umroh menyediakan berbagai paket perjalanan dengan harga dan fasilitas yang bervariasi. Dengan target yang jelas, tentu saja akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan biaya umroh dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. 

 

Oleh sebab itu, Anda perlu mengumpulkan informasi dari berbagai travel agen penyedia paket umroh. Dengan mengetahui harga paket umroh, maka Anda bisa menentukan target menabung dan jangka waktu yang Anda butuhkan. Sebagai tambahan informasi, Kemenag sendiri telah menetapkan biaya umroh minimal tahun 2022 sebesar Rp 28 juta. Namun demikian, rata-rata biaya umroh sangat variatif, berkisar antara 25 juta sampai 30 juta bahkan lebih sesuai fasilitas yang ditawarkan.

 

2. Mengalokasikan Biaya Umroh Sejak Awal

 

Tips menabung untuk umroh yang berikutnya yaitu mengalokasikan biaya umroh sejak awal. Hindari menabung dari sisa penghasilan setelah semua kebutuhan terpenuhi, karena cara tersebut kurang efektif dan seringkali gagal. Langkah yang benar yaitu menentukan sejak awal rasio penghasilan untuk tabungan umroh. 

 

Sisihkan sebanyak 20% atau lebih dari penghasilan atau gaji Anda setiap bulannya untuk nyicil tabungan umroh. Dengan memiliki alokasi khusus, maka tidak ada alasan cicilan tabungan umrah terlewat karena dananya sudah dialokasikan sejak awal. 

 

3. Membuka Tabungan Khusus untuk Umroh 

 

Jika ingin keberangkatan umroh Anda sesuai dengan target, sebaiknya Anda membuka rekening tabungan khusus untuk umroh. Membuka rekening khusus bertujuan agar uang yang telah Anda tabung tidak digunakan untuk keperluan lain, sehingga Anda bisa lebih fokus mengisi tabungan hingga mencapai target. 

 

Supaya Anda tidak bingung dalam menentukan paket umroh serta target keberangkatan, bisa memanfaatkan program tabungan umroh yang disediakan pihak travel. Beberapa travel umroh telah bekerja sama dengan pihak perbankan untuk pembukaan tabungan umroh, cara ini lebih aman agar bisa segera berangkat umroh.. 

 

4. Memanfaatkan Promo yang Tersedia  

 

Tips menabung untuk umroh yang selanjutnya yaitu memanfaatkan promo yang tersedia. Semakin banyaknya travel umroh menjadikan persaingan harga untuk mendapat pelanggan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, tak jarang dari mereka yang memberikan promosi berupa potongan harga atau fasilitas tambahan yang menarik. 

 

Adanya promo akan membuat biaya yang Anda keluarkan untuk berangkat umroh menjadi lebih terjangkau atau fasilitas yang lebih memadahi. Namun biasanya ada syarat khusus yang harus dipenuhi oleh calon jamaah supaya bisa mendapat promo tersebut. 

 

Contohnya seperti mengajak jamaah lain untuk bergabung atau mendaftar secara kelompok lebih dari satu jamaah. Dalam menerima tawaran promo sebaiknya tetap berhati-hati. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ujung-ujungnya tertipu oleh oknum nakal travel agent bodong. 

 

5. Menambah Sumber Pendapatan Lain 

 

Tips yang terakhir yaitu mencari cara untuk menambah sumber pendapatan lain supaya uang yang ditabung lebih cepat terkumpul. Anda bisa menambah pendapatan dengan cara mencari pekerjaan sampingan, freelance, atau dari pasif income. 

 

Mengingat besarnya keutamaan ibadah umroh tidak mengherankan jika ibadah yang memerlukan biaya tidak sedikit ini menjadi impian bagi kaum muslimin. Dengan mengikuti tips menabung umroh diiringi kedisiplinan yang kuat, insyaAllah Anda bisa segera mewujudkan impian berangkat umroh ke Tanah Suci. 

 

Nah, bagi Anda yang tertarik membuka tabungan umrah atau sedang mencari paket umroh yang bisa dicicil, segera hubungi customer service atau mitra agent Mutiara Sunnah terdekat. Kenapa harus nyicil tabungan umroh di Mutiara Sunnah? Kami menyediakan paket umroh yang pasti jadwal keberangkatannya, biaya umroh terjangkau, dan pasti travelnya berizin resmi dari Kemenag RI.





Buka Tabungan Umroh Sekarang!


---


Image by jcomp on Freepik