Umroh menjadi sarana pelepas rindu pada Baitullah. Saat rindu terobati, batin pun menjadi tenang sebab kebahagiaan. Namun, selain keutamaan tersebut, masih banyak keutamaan ibadah umroh yang menanti umat Islam saat menunaikannya.


Memang benar status ibadah umroh berbeda dengan ibadah haji. Tetapi untuk bisa berhaji, saat ini kaum muslim harus rela mengantri hingga puluhan tahun. Pasalnya ibadah haji terikat waktu, sedangkan ibadah umroh dapat ditunaikan kapanpun.


Maka, jika rindu pada Baitullah sudah menggebu, umroh merupakan alternatif terbaik untuk mengobatinya. Saat dilakukan dengan niat karena Allah, Allah akan memberikan banyak keutamaan selain ketenangan batin yang bisa dirasakan oleh setiap muslim.


Keutamaan Ibadah Umroh


Sebagaimana amalan lainnya, ibadah umroh pun memiliki keutamaan tersendiri. Keutamaan inilah yang menjadi alasan kenapa umat Islam menjadikan umroh sebagai salah satu ibadah untuk dilakukan. 


Berikut adalah beberapa keutamaannya:


1. Menghilangkan Kefakiran


Salah satu yang tidak diharapkan saat manusia hidup di dunia adalah kefakiran. Untuk menghindari hal ini, selain dituntut melakukan usaha, umat Islam juga harus menyertainya dengan doa.


Tetapi terkadang kefakiran tetap saja datang sebagai bentuk ujian dari Allah. Agar kefakiran segera hilang, umat Islam dapat menjadikan umroh sebagai sarana permohonan kepada Allah.


Dari Abdullah bin Mas’ud bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,


Iringilah haji dengan umroh, karena keduanya menghilangkan kefakiran dan dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga”. (HR An-Nasa’i)


2. Menghapus Dosa


Tidak ada manusia yang terlepas dari kesalahan dan dosa kecuali para Nabi dan Rasul yang ma’sum. Tetapi Allah Maha Luas ampunanNya. Semua dosa akan diampuniNya kecuali syirik yang ia tidak bertaubat dari dosa tersebut sebelum meninggal. Dan dalam hadits di atas, salah satu keutamaan ibadah umroh akan menghapus dosa.


Keutamaan ini juga dikuatkan dengan hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah yang artinya,


Antara satu umroh dengan umroh berikutnya terdapat penghapusan dosa-dosa di antara keduanya. Haji yang mabrur tidak ada pahala bagi pelakunya melainkan surga”. (HR Bukhari da Muslim)


3. Dikabulkannya Doa


Doa menjadi sarana kaum muslim memohonkan segala kegelisahannya. Dikabulkannya doa sangat lekat dengan kebiasaan seorang muslim memanfaatkan yang halal. Sedangkan dari segi momentum, saat menjalankan umroh adalah waktu mustajab berdoa.


Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,


Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji dan berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka maka mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti Allah akan mengabulkan permintaan mereka”. (HR Ibnu Majah)


4. Mendapat Pahala


Sebagai amalan, tentu keutamaan ibadah umroh akan mendatangkan pahala bagi pelakunya. Dan ibadah umroh istimewa, semakin sulit seseorang menunaikannya maka semakin besar pahala yang Allah berikan.


Dari ‘Aisyah Rahdhiyallahu ‘Anha bahwa Rasulullah pernah bersabda kepada tentang umrohnya yang artinya,


Sesungguhnya kamu mendapatkan pahala sesuai kadar kesulitan dan pengorbananmu” (HR Hakim)


Itulah beberapa keutamaan ibadah umroh yang akan didapatkan bagi seorang muslim yang menunaikannya ikhlas karena Allah Ta’ala. Disamping keutamaan umroh di atas, ada keutamaan umroh spesial yang dijelaskan oleh Rasulullah.


Raih Keutamaan Ibadah Umroh Spesial


Kabar gembiranya terdapat keutamaan ibadah umroh yang spesial. Namun untuk mendapatkannya perlu perjuangan lebih. Pasalnya pelaksanaannya terikat waktu sebagaimana ibadah haji. Kapan pelaksanaannya?


Jika ingin mendapatkan keutamaan spesial tersebut, lakukan ibadah umroh seperti dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang artinya sebagai berikut,


Apabila datang bulan Ramadhan lakukanlah umroh. Karena ibadah umroh di bulan Ramadhan senilai haji bersamaku”. (HR Bukhari dan Muslim)

Nah itulah ulasan terkait dengan keutamaan yang akan didapatkan bagi tamu Allah dengan niat menjalankan ibadah umroh. Jadi Anda kah tamu Allah yang berikutnya?


Mau berangkat umroh di bulan Ramadhan? Daftarkan keluarga Anda melalui travel umroh yang terpercaya. Amankan seat Anda sekarang, segera hubungi customer service atau agen Mutiara Sunnah terdekat.


---

Sumber :