Dokumen untuk umroh menjadi satu syarat wajib yang harus Anda siapkan jika ingin menunaikan ibadah umroh. Sebagai ibadah yang hanya bisa dilakukan di Tanah Suci, dokumen umroh diperlukan untuk menjamin kelancaran dan keamanan, serta menyesuaikan aturan dari pemerintah setempat. 


Meskipun bisa disiapkan sendiri bagi yang berniat melakukan umroh mandiri, namun menyiapkannya akan lebih mudah jika menggunakan jasa travel umroh. Penyedia travel resmi telah memiliki jaringan dan alur yang jelas sehingga pengurusan pun lebih cepat dan efektif.


Jika Anda belum memiliki referensi terkait dokumen yang perlu disiapkan untuk umroh, simak ulasan berikut dan dapatkan informasinya!


Apa Saja Dokumen Untuk Umroh yang Perlu Anda Siapkan?


Saat ini, dokumen untuk umroh yang diperlukan cenderung berbeda dengan waktu pandemi. Jamaah tidak perlu menyiapkan dokumen hasil tes PCR. Adapun beberapa dokumen yang diperlukan untuk berangkat umroh diantaranya adalah:


1. Paspor Umroh


Paspor memuat identitas yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan antarnegara. Biasanya paspor memiliki masa berlaku hingga sepuluh tahun. Pembuatan paspor bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor imigrasi setempat atau online melalui aplikasi M-Paspor.


2. Visa Umroh


Selanjutnya dokumen yang perlu disiapkan adalah visa umroh. Visa merupakan syarat masuk dan tinggal bagi seseorang di negara lain. Sebelumnya visa umroh hanya berlaku selama 30 hari. Namun, sejak Agustus 2022 masa berlaku visa umroh hingga 90 hari.


Pengurusan visa umroh bisa dilakukan secara mandiri. Dan jika ingin menggunakan jasa travel umroh, hanya bisa dilakukan bagi travel umroh yang mendapat izin penyelenggara perjalanan ibadah umroh (PPIU) dari Kementerian Agama.


3. Pas Foto


Dokumen lain yang perlu dilengkapi adalah pas foto terbaru dengan ukuran 4X6 sebanyak 4 lembar. Ketentuan foto adalah dengan menggunakan background putih dengan fokus wajah 80 persen. Dan untuk perempuan wajib menggunakan kerudung.


4. Data Diri


Selain itu juga harus melampirkan fotokopi data diri. Sebagai kelengkapan identitas, data diri tidak hanya KTP. Namun juga wajib menyertakan fotokopi kartu keluarga dan fotokopi buku nikah bagi yang sudah menikah.


Baca Juga: Tips Memilih Travel Umroh yang Aman dan Amanah


5. Kartu Tanda Vaksin


Dokumen yang wajib dilampirkan selanjutnya adalah kartu tanda vaksin. Saat ini yang wajib disiapkan ada dua yakni kartu tanda vaksin meningitis dan kartu tanda vaksin covid tahap 1 dan 2.


Kedua kartu tanda vaksin ini bisa didapatkan secara mandiri. Untuk kartu tanda vaksin meningitis di rumah sakit biasanya dikenai biaya Rp. 300.000,00.


Untuk vaksinasi covid sebenarnya Pemerintah Arab Saudi sudah tidak mewajibkan bagi jamaah haji dan umroh dari negara manapun. Namun Kementerian Agama RI masih mewajibkannya hingga batas waktu yang tidak ditentukan.


Dengan melakukan vaksinasi covid nantinya calon jamaah akan mendapatkan Sertifikat Internasional Arab Saudi (KSA Tawakkalna). Sertifikat ini penting sebagai salah satu syarat dokumen untuk umroh.


6. Surat Rekomendasi


Untuk melakukan ibadah umroh juga diperlukan surat rekomendasi yang diperoleh dari Kantor Agama Kabupaten/Kota. Surat rekomendasi ini berguna sebagai surat pengantar untuk mendapatkan izin melaksanakan ibadah umroh dari Kementerian Agama.


7. Tiket Pesawat


Tentu, yang tidak boleh ketinggalan adalah kepemilikan tiket pesawat Indonesia-Arab Saudi. Tiket pesawat ini menegaskan calon jamaah serius mewujudkan niatnya untuk berumroh. Namun jika menggunakan layanan jasa dari travel umroh, sebaiknya telah memiliki tiket pesawat pergi pulang (PP) Indonesia-Arab Saudi.


8. Akomodasi Penginapan


Dokumen yang juga perlu dipersiapkan adalah akomodasi penginapan saat ada disana. Jika menggunakan layanan jasa travel umroh dokumen terkait akomodasi penginapan akan dipersiapkan. Namun, jika melakukan perjalanan mandiri maka dokumen akomodasi penginapan harus dipersiapkan sendiri.


Nah, itulah dokumen untuk umroh yang perlu Anda siapkan untuk menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci. Satu yang tidak boleh dilupakan adalah kesiapan pakaian ihram. Serta akan lebih baik lagi jika Anda memiliki aplikasi untuk memudahkan mendapat informasi terkait pelaksanaan ibadah umroh.


Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan niat baik hambaNya untuk berkunjung ke Baitullah, baik dalam pelaksanaan ibadah umroh maupun ibadah haji.


Mau berangkat umroh untuk pertama kali, tapi masih bingung bagaimana persiapannya? Yuk, hubungi admin Mutiara Sunnah Travel dengan senang hati kami akan membantu pelaksanaan ibadah umroh mulai dari pendaftaran, persiapan, hingga pelaksanaan di Tanah Suci. Daftar sekarang dan dapatkan promo umroh 2024 menarik khusus untuk Anda :)