Anda tentu khawatir bukan dengan kasus penipuan oleh berbagai oknum travel umroh yang marak terjadi? Untuk mendapat travel umroh terpercaya, perlu kejelian dan kehati-hatian ketika Anda mendaftar paket umroh. Menentukan sarana pelaksanaan ibadah yang butuh biaya besar jangan sampai terburu-buru.


Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda pada seorang sahabat yang artinya,


Sesungguhnya pada dirimu ada dua perangai yang Allah cintai yaitu mudah memaafkan dan tidak terburu-buru”. (HR At-Tirmidzi No. 2011)


Dengan meninggalkan sifat terburu-buru, semakin menjauhkan diri dari jasa travel umroh abal-abal. Terlebih jika dalam pemilihannya memiliki tips yang jitu. Simak ulasan berikut untuk menambah referensi tips dalam pemilihan travel umroh terpercaya!


Tips Memilih Travel Umroh Terpercaya


Belajar dari pengalaman jamaah yang berhasil mendapatkan jasa travel umroh amanah dan terpercaya, tips berikut dapat dijadikan acuan saat proses pemilihan:


1. Periksa Legalitas


Dalam menjalankan sebuah usaha, legalitas adalah hal yang penting. Terlebih jika usaha tersebut beroperasi dalam ranah pelayanan jasa dalam bidang keagamaan atau sosial. Tanpa adanya legalitas, sebaiknya jangan memanfaatkan jasa tersebut. Apalagi untuk menunaikan amalan mulia seperti ibadah umroh.


Maka sebelum memastikan pilihan, sebaiknya periksa terlebih dahulu legalitas sebuah jasa travel umroh. Jika memang telah mendapatkan izin operasional resmi dan dipastikan asli, sebaiknya jangan langsung percaya. Lakukan langkah berikutnya agar pilihan lebih tepat.


2. Pastikan Berkantor Resmi


Langkah selanjutnya adalah memastikan penyedia jasa travel perjalanan umroh memiliki kantor resmi. Dengan adanya kantor resmi akan mudah mengkonfirmasikan segala sesuatunya. Jika ada hal yang membingungkan pun bisa segera datang untuk konsultasi.


Adanya kantor membuat hati menjadi lebih tenang. Kantor sejatinya menjadi representasi pelayanan sebuah jasa perjalanan umroh. Kantor yang sering berpindah bisa jadi mengindikasikan ada masalah dari jasa travel tersebut.


3. Harga yang Masuk Akal


Setelah memastikan kedua hal pokok di atas, tips memilih travel umroh selanjutnya yaitu dengan melihat harga paket umroh yang ditawarkan. Harga murah memang menjadi harapan, namun tergiur harga murah bisa mendatangkan kekecewaan.


Akan lebih aman jika memilih penyedia jasa yang menawarkan harga masuk akal. Jika di dalam paket memang menawarkan destinasi wisata, bisa mencoba melakukan perhitungan sendiri sebelum memberi keputusan. Atau membandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh penyelenggara lain.


4. Melihat Testimoni


Langkah selanjutnya bisa melihat testimoni jamaah yang telah menggunakan layanan sebuah travel. Meskipun tidak sedikit yang melakukan manipulasi, namun rekam digital tetap bisa dilacak. Bisa juga dengan melihat review yang diberikan oleh masyarakat umum maupun masyarakat sekitar kantor.


5. Menyediakan Bimbingan


Akan lebih baik jika travel umroh yang akan dipilih memiliki bimbingan terkait dengan ibadah umroh dan rangkaiannya. Selain bisa memberikan pembekalan sebelum pemberangkatan, adanya pembimbing juga lebih menjelaskan bahwa travel tersebut profesional dibidangnya.


Apalagi jika dalam perjalannya nanti ada pendampingan langsung dari pembimbing maupun tokoh. Travel yang menyertakan ustadz maupun tokoh agama akan lebih menjunjung tinggi amanah.


6. Sinkronisasi Media


Hal yang tidak kalah penting adalah antara penawaran yang ada di media dengan penjelasan di kantor tidak berbeda. Selain itu jasa travel umroh yang amanah akan sering memberikan edukasi dan informasi terkait umroh dan hal terkait. Akan lebih baik jika dalam informasi yang diberikan bersumber dari dokumen pribadi seperti foto dan semacamnya.


7. Hindari Travel Umroh Berbasis MLM


Mungkin istilah MLM sudah tidak asing lagi bagi kita. Dan nyatanya sistem ini saat ini juga digunakan oleh jasa travel umroh. Meskipun sistem tersebut tidak pasti salah, alangkah baiknya menghindarinya untuk keamanan, terlebih lagi jika harga paketnya tidak masuk akal.


Lebih baik menabung dan bersabar untuk bisa menunaikan ibadah umroh daripada ikut dalam sistem tersebut. Apalagi Rasulullah telah menyatakan dalam sabdanya kepada ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha yang artinya,


Sesungguhnya kamu mendapat pahala (umroh) sesuai kadar kesulitan dan pengorbananmu” (HR Al-Hakim)


Nah itulah beberapa tips dalam pemilihan travel umroh terpercaya yang bisa Anda lakukan. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan niat baik setiap hambaNya untuk menunaikan ibadah umroh di Baitullah.


Sudah baca semua tips cara memilih travel umroh yang aman dan terpercaya namun masih bingung? Langsung saja hubungi admin atau agen Mutiara Sunnah travel terdekat.


Kenapa harus memilih Mutiara Sunnah untuk travel umroh? Alasanya karena memenuhi semua kriteria travel yang amanah berikut ini:


  1. Mutiara Sunnah terdaftar secara legal di Kemenag RI dengan izin PPIU NOMOR U.193 TAHUN 2021, bisa Anda cek langsung di sistem Umroh Cerdas Kemenag.
  2. Memiliki kantor resmi yang berpusat di Kota Bekasi, Anda dapat mengunjungi kantor kami kapanpun di jam kerja. Alamat lengkap kantor Mutiara Sunnah terdapat di Google Map, ketik saja MUTIARA SUNNAH OFFICIAL.
  3. Harga paket perjalanan umroh sangat masuk akal, banderol harga umroh berada di rentang harga standar yang dianjurkan oleh Kemenag. Tersedia paket umroh harga 25 jutaan!
  4. Alhamdulillah, sampai hari ini Mutiara Sunnah telah berhasil memberangkatkan ribuan jamaah dari berbagai pelosok Indonesia. Silahkan cek testimonai jamaah kami di channel Youtube.
  5. Calon jamaah umroh maupun haji yang mendaftar melalui Mutiara Sunnah akan dibimbing sampai bisa melalui kegiatan manasik yang diisi oleh asatidz Ahlussunnah wal Jamaah.
  6. Layanan Mutiara Sunnah travel sudah didukung dengan sistem dan aplikasi yang terintegrasi sehingga calon jamaah bisa melihat informasi dan harga paket umroh secara gamblang dan transparan.
  7. Dengan dukungan digitalisasi teknologi terkini, Mutiara Sunnah memiliki tim agen marketing yang solid dan amanah.