Ibadah umroh bisa dijalankan kapan saja dan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Namun kondisi fisik yang berbeda dan kebutuhan kesehatan yang jauh lebih tinggi, membuat ibu hamil perlu memperhatikan beberapa tips khusus dalam menjalankan ibadah umroh saat hamil. Supaya perjalanan bisa terasa nyaman dan aman untuk calon buah hati maupun ibunya. 


Tips Umroh Saat Hamil, Aman Berangkat Umroh Tanpa Khawatir


Ibu hamil yang ingin berangkat umroh perlu mempersiapkan semuanya secara mendetail sejak jauh-jauh hari. Kondisi ibu yang sedang hamil tentu butuh perhatian khusus dan persiapan secara matang. Berikut ini adalah 5 tips umroh ketika hamil untuk wanita yang akan berangkat umroh. 


1. Berkonsultasi dengan Dokter


Umroh saat hamil memang boleh-boleh saja, akan tetapi Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perjalanan jauh untuk umroh. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, maka dokter akan melakukan evaluasi terhadap kondisi kesehatan dan memberikan saran tentang kemampuan Anda dalam melakukan ibadah umroh. 


Jika dalam evaluasi tersebut ditemukan bahwa ada kondisi kesehatan tertentu yang kemungkinan beresiko, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menunda perjalanan. Ibu hamil yang pernah mengalami pendarahan, keguguran, atau mual berlebihan juga sangat disarankan untuk berkonsultasi sebelum berangkat. 


2. Perhatikan Usia Kehamilan


Umroh saat hamil sebaiknya dilakukan ketika kandungan sudah benar-benar kuat yaitu saat memasuki trimester kedua. Kehamilan di bawah 14 minggu sangat disarankan tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah umroh atau melakukan perjalanan panjang, karena biasanya ibu hamil masih sering mual dan plasenta belum terbentuk sempurna. 


Sedangkan ibadah umroh yang dijalankan saat kehamilan memasuki trimester 3 cukup risiko karena Anda bisa saja melahirkan di pesawat atau di Makkah ketika sedang menjalankan ibadah. Jadi waktu terbaik untuk berangkat umroh saat hamil adalah di usia kehamilan antara 14 minggu sampai 27 minggu atau trimester kedua. 


3. Olahraga Ringan


Jika dokter memperbolehkan Anda untuk menjalankan ibadah umroh, maka persiapkan diri dengan cara melakukan olahraga ringan beberapa hari sebelum keberangkatan. Ibadah umroh sangat berbeda dengan liburan, karena di dalam ibadah umroh banyak kegiatan fisik yang perlu dilakukan seperti tawaf dan sa'i. 


Selain itu kondisi di tanah suci juga tergolong cukup panas. Jadi untuk persiapan fisik supaya lebih bugar, Anda bisa berolahraga ringan sesuai dengan saran dokter. Selain itu jaga asupan makanan dan pastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi untuk diri sendiri maupun janin. 


4. Pilih Hotel yang Nyaman


Jika memutuskan untuk umroh saat hamil, maka sangat disarankan untuk memilih hotel yang nyaman dan dekat dengan Masjidil Haram. Kemudahan akses bisa meminimalisir perjalanan yang perlu dilakukan, sehingga ibu hamil bisa lebih nyaman ketika beribadah karena tidak merasa lelah berlebihan. 


Pilih juga hotel yang menyediakan berbagai fasilitas memadai seperti lift, fasilitas kesehatan, dan restoran yang menyajikan menu sehat. Meskipun nafsu makan Anda kurang bagus, sebaiknya pilihlah jenis makanan yang menyehatkan dan makanlah dalam porsi cukup supaya ibu hamil tetap memiliki tenaga selama menjalani ibadah umroh. 


5. Tidak Memaksakan Diri


Umroh saat hamil akan sangat menguras fisik. Kondisi ibu hamil biasanya akan cepat sekali merasa lelah. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan kursi roda selama melakukan ibadah umroh agar tidak capek berlebihan dan ibadah tetap bisa berjalan lancar. 


Jangan memaksakan diri mencium hajar aswad atau masuk ke Hijir Ismail apabila kondisinya tidak memungkinkan, karena menjaga diri sendiri dan kesehatan calon buah hati merupakan hal yang penting. 


Menjalankan ibadah umroh saat hamil membutuhkan perencanaan yang matang dan perhatian khusus terhadap kesehatan dan kenyamanan ibu hamil. Melalui ikhtiar berbagai tips umroh untuk wanita hamil di atas, Anda bisa menjalankan ibadah umrah dengan aman dan nyaman baik untuk ibu hamil maupun untuk calon buah hati. 


Berangkat Umroh Saat Hamil Dengan Travel yang Amanah dan Terpercaya


Jamaah Umroh Reguler Mutiara Sunnah Travel Keberangkatan Tahun 2023


Pergi umroh ketika sedang hamil tidak hanya berisiko bagi kesehatan dan keselamatan sang ibu, namun juga keselamatan buah hati dalam kandungan. Oleh karena itu selain menyiapkan fisik dan mental bagi ibu hamil, juga penting untuk memperhatikan kualitas layanan selama pelaksanaan umroh.


Setelah melakukan berbagai tips umroh aman untuk wanita hamil yang kami uraikan di atas, ada satu tips lagi yang tak kalah penting yaitu memilih travel umroh yang amanah dan terpercaya. Karena dengan travel umroh yang amanah, Anda bisa mendapatkan kualitas layanan yang terbaik dan tentunya perhatian khusus untuk keamanan jamaah yang sedang hamil.


Salah satu travel umroh terpercaya yang bisa diandalkan dalam memberikan layanan terbaik kepada para jamaah ibu hamil adalah Mutiara Sunnah Travel. Tidak hanya mengutamakan keamanan perjalanan sesuai aturan yang legal, kami juga berupaya mengutamakan kenyamanan dan keselamatan para jamaah selama perjalanan umroh.


Alhamdulillah, sampai hari ini Mutiara Sunnah Travel sudah berhasil memberangkatkan belasan ribu jamaah dari berbagai pelosok Indonesia. Pencapaian ini selain berkat kemudahan yang Alla 'Azza wa Jalla berikan, juga usaha keras kami dalam memberikan layanan yang maksimal untuk para jamaah.


Bagi Anda yang ingin berangkat umroh saat sedang hamil, tidak perlu ragu lagi untuk mendaftar umroh melalui Mutiara Sunnah. Tersedia banyak pilihan jadwal keberangkatan umroh yang tentunya bisa Anda sesuaikan dengan waktu terbaik untuk berangkat umroh.