Bisa melaksanakan ibadah umroh dan haji merupakan dambaan bagi setiap muslim. Memilih akomodasi tempat penginapan yang nyaman menjadi salah satu pertimbangan penting agar dapat menjalankan ibadah umrah dengan khusuk. Saat ini hotel di sekitar Masjidil Haram berkembang sangat pesat dan tidak sedikit yang menawarkan fasilitas menarik untuk para jamaah. 


Selain fasilitas yang lengkap, dekatnya jarak hotel dengan Ka'bah di Masjidil Haram merupakan kelebihan yang paling dicari jamaah. Banyak hotel yang menawarkan kemudahan akses dan pemandangan langsung ke arah Ka'bah. Bahkan Anda dapat sampai ke Masjidil Haram hanya dengan berjalan kaki beberapa menit dari kamar hotel.


7 Rekomendasi Hotel Dekat Masjidil Haram Terbaik


Ada banyak hotel tersedia, kami akan rangkumkan beberapa hotel di dekat Masjidil Haram di Kota Makah yang bisa Anda jadikan pilihan. Nah, berikut ini rekomendasi hotel dekat Masjidil Haram yang memiliki akses mudah dan pemandangan indah.


1. Anjum Makkah Hotel


Hotel dekat Masjidil Haram pertama ada Anjum Makkah Hotel. Hotel bintang 5 ini menyediakan kenyamanan yang khas, yakni dengan nuansa kental Timur Tengah. Diresmikan pada tahun 2014, Anjum Makkah Hotel bisa melayani hingga 1.743 kamar. 


Hotel Anjum Makkah hanya berjarak kurang lebih 5 menit dari Masjidil Haram apabila ditempuh dengan berjalan kaki. Dengan lokasi yang dekat Masjidil Haram, tentu saja hotel ini sangat cocok bagi jamaah yang baru pertama kali melaksanakan umrah.


Bahkan ada beberapa karyawan asal Indonesia yang memang sengaja ditempatkan di hotel ini untuk melayani jamaah haji dan umroh asal Indonesia. Sehingga bagi jamaah umroh yang tidak menguasai bahasa Arab maupun Inggris tidak perlu khawatir ketika membutuhkan bantuan dari pelayanan hotel.


Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap dan nyaman yang tersedia di Anjum Makkah Hotel. Sangat menarik bukan? Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba menginap di hotel ini saat berada di tanah suci. 


Kabar baiknya, Mutiara Sunnah sebagai travel umroh yang mengedepankan kualitas layanan juga menyediakan paket umroh dengan akomodasi Anjum Makkah Hotel. Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman umroh hotel bintang 5, jangan ragu untuk segera daftar umroh melalui Mutiara Sunnah.


Piagam apresiasi dari Anjum Hotel untuk PT Mutiara Sunnah Mandiri (Mutiara Sunnah Travel)


Baca Juga: Paket Umroh Hotel Bintang 5 Dekat Masjidil Haram


2. Dar Al Tawhid Intercontinental


Rekomendasi hotel di Masjidil Haram berikutnya ada Dar Al Tawhid Intercontinental. Lokasinya yang sangat dekat bisa membuat Anda mencapai pelataran masjid cukup dengan 5 menit berjalan kaki. Jika menginap di sini, usahakan untuk memilih kamar yang menghadap timur laut dan hindari memilih kamar yang ada di lantai terlalu tinggi. 


Meskipun biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menginap di Hotel Dar Al Tawhid Intercontinental sedikit lebih mahal, akan tetapi Anda bisa melihat Ka'bah secara langsung dari kamar hotel. Selain itu hotel ini juga termasuk hotel bintang 5, sehingga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan mewah. 


3. Swissotel Makkah


Swissotel Makkah merupakan salah satu hotel bintang 5 yang menawarkan pemandangan Ka'bah atau Masjidil Haram dari dalam kamar. Swissotel Makkah juga menjadi salah satu hotel terbesar di Arab Saudi yang memiliki 1.487 kamar suite dan deluxe yang bisa disewa oleh para jamaah haji dan umroh.


Fasilitas menarik yang ada di Swissotel Makkah antara lain adalah kolam renang, restoran dengan pemandangan indah, dan pusat bisnis. Bagi jamaah haji atau umroh yang tidak bisa sholat langsung di pelataran Ka'bah, maka di hotel ini tersedia ruang sholat terbuka dengan kapasitas 800 orang. 


4. Zam Zam Tower


Zam Zam Tower menjadi salah satu hotel di Masjidil Haram yang sangat dekat dengan Ka'bah karena jaraknya hanya sekitar 1 sampai 5 meter dari pelataran masjid. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan untuk jamaah haji dan umroh yang ingin beribadah secara intensif dan mengunjungi Masjidil Haram sebanyak mungkin. 


Menginap di Zam Zam Tower memungkinkan Anda untuk memilih kamar yang memiliki pemandangan langsung ke arah Ka'bah. Di dalam hotel juga tersedia restoran yang menyajikan kuliner khas lokal maupun hidangan internasional. 


5. Mekkah Royal Clock Tower


Mekkah Royal Clock Tower, A Fairmont Hotel adalah hotel di Masjidil Haram yang berjarak sekitar 50 meter dari pelataran masjid. Di dalam hotel tersebut tersedia sebanyak 1.299 kamar yang siap memanjakan para jamaah haji dan umroh. 


Selain menawarkan pemandangan langsung ke arah Ka'bah, Mekkah Royal Clock Tower, A Fairmont Hotel juga memiliki ciri khas utama berupa menara jam yang menjulang tinggi. Menara dengan tinggi yang mencapai 601 m ini bahkan telah menjadi ikon modern kota Makkah.


6. Conrad Makkah


Berlokasi hanya setengah kilometer dari Masjidil Haram, hotel Conrad Makkah ini sangat ideal bagi para jamaah yang menginginkan kenyamanan selama melakukan ibadah umrah. Dengan desain kamar berkonsep modern dan ruangan yang luas, Anda dapat melihat langsung pemandangan Ka'bah dan Masjidil Haram dari kamar hotel.


Conrad Makkah dapat dijangkau melalui Umm El Qurra Road yang menghubungkan Mekah dan Jeddah. Bandara Internasional King Abdulaziz juga hanya berjarak sekitar 75 km dari hotel. Jika Anda menginap di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba restoran bintang lima yang ada, seperti Al Mearaj, Al Kawthar, dan Al Helal.


7. Al Marwa Rayhan


Rekomendasi hotel dekat Masjidil Haram yang terakhir ada Al Marwa Rayhan. Hotel ini lokasinya tidak jauh dari Masjidil Haram. Untuk mendapatkan pemandangan Ka'bah Anda harus menginap di lantai yang tinggi karena lantai di bawahnya sudah terhalang oleh bangunan-bangunan lain yang ada di depannya.


Hotel-hotel dekat Masjidil Haram tersebut menawarkan pengalaman menginap yang sangat luar biasa khususnya untuk jamaah haji dan umroh asal Indonesia. Karena selain jarak yang dekat, juga memiliki kamar hotel dengan pemandangan langsung ke arah Ka'bah dan pelataran Masjidil Haram. Selain itu, tersedia juga fasilitas lengkap dan menarik sehingga bisa membuat para jamaah merasa nyaman dan lebih khusuk dalam beribadah. 


Silahkan bagikan artikel Inilah 7 Hotel Dekat Masjidil Haram Terbaik untuk Menginap Jamaah Haji dan Umroh ini ke keluarga maupun sahabat Anda. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memudahkan langkah kita untuk memnuhi panggilan-Nya beribadah umroh dan haji ke Tanah Suci.